Takut Ditolak Saat Mengajukan KPA? Gunakan Tips Jitu Ini!

  • Artikel
Takut Ditolak Saat Mengajukan KPA? Gunakan Tips Jitu Ini!

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen adalah metode pembayaran. Metode pembayaran ini akan tergantung dengan rencana keuangan Anda ke depannya. Ada banyak cara yang ditawarkan pengembang, salah satunya adalah KPA (Kredit Pemilikian Apartemen).

Dilansir dari kompas.properti.com, Bank Indonesia menyebutkan bahwa konsumen yang menggunakan fasilitas KPA meningkat hingga 77,22% sejak triwulan IV 2016. BI juga mencatat pencapaian tersebut mendorong pertumbuhan KPA sebesar 1,90% atau senilai Rp 362,84 triliun dibanding kuartal sebelumnya.

Data di atas menunjukkan bahwa pemberian dana kredit oleh bank terus meningkat. Tapi tahukah Anda bahwa tak semua pengajuan kredit diterima oleh bank lho?

Lalu, bagaimana caranya agar pengajuan KPA diterima dan cepat disetujui oleh bank?

Penasaran? Amethyst Tower telah merangkum tipsnya untuk Anda.

#1 Siapkan Dokumen Lengkap

Sebelum mengajukan KPA, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen lengkap. Beberapa dokumen yang akan diminta oleh bank diantaranya:

- Fotocopy identitas pemohon dan pasangan,

- Fotocopy Kartu Keluarga dan surat nikah/cerai,

- Pas foto terbaru,

- Fotocopy Rekening Koran dan tabungan,

- Slip gaji atau surat keterangan penghasilan,

- Fotocopy NPWP, dan lainnya.

#2 Pekerjaan

Pekerjaan menjadi salah satu tolak ukur diterima atau tidaknya suatu pengajuan KPA. Pasalnya hal ini juga terkait dengan pendapatan Anda. Jika Anda bekerja sebagai pegawai negeri ataupun swasta dengan penghasilan tetap (atau meningkat) berpeluang lebih tinggi KPA yang diajukan disetujui. Meski begitu, tak menutup kemungkinan juga bagi wiraswasta dan professional untuk mendapatkan kredit ini.

#3 Perhatikan Riwayat Keuangan

Selain pekerjaan, hal penting lain yang menjadi perhatian bank adalah arus kas tabungan. Dengan melihat riwayat keuangan, bank dapat menilai apakah Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas kewajiban atau tidak.

Berusahalah untuk menjaga riwayat keuangan setidaknya selama 6 bulan terakhir sebelum mengajukan KPA. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pihak bank bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk menerima kredit tersebut.

#4 Hindari Kredit Macet

Hal terpenting yang harus diperhatikan agar pengajuan KPA tidak ditolak adalah mengindari kredit macet. Sebisa mungkin bayarlah tagihan dan utang tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Jika Anda memiliki riwayat kredit macet atau termasuk daftar hitam Bank Indonesia, hal ini akan menyulitkan penerimaan pengajuan KPA.

#5 Pertimbangkan Usia

Selain keempat hal di atas, hal lain yang harus diperhatikan adalah usia. Biasanya, orang-orang yang sudah memasuki kepala empat akan sulit mendapatkan persetujuan KPA dari bank. Hal ini disebabkan mereka telah berada pada usia kurang produktif dalam bekerja.

Itulah beberapa tips pengajuan KPA agar tidak ditolak oleh bank. Bagaimanapun tidak ada hal yang bisa didapatkan dengan instan. Mengusahakan segala sesuatu dengan baik agar KPA diterima oleh bank adalah langkah tepat yang harus Anda lakukan.


Related Articles

Category

image whatsapp image phone