Sebelum Membeli Apartemen, Perhatikan Dulu Hal Ini!

  • Artikel
Sebelum Membeli Apartemen, Perhatikan Dulu Hal Ini!

Ketersediaan lahan yang semakin terbatas di perkotaan dan mahalnya harga rumah tapak menjadikan apartemen sebagai alternatif hunian. Kondisi ini juga banyak dimanfaatkan oleh para investor untuk mendulang rupiah dengan berinvestasi apartemen.

Pasar pengguna apartemen ini sangatlah beragam, mulai dari pegawai hingga mahasiswa. Namun, membeli apartemen ini tidaklah sama dengan membeli rumah tapak. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk mendapat hunian nyaman dan prospek investasi menjanjikan.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen

#1 Rekam Jejak Developer

Sebelum membeli apartemen, pastikan Anda mempelajari rekam jejak developer. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya kasus bangunan apartemen yang terlantar dan belum jadi, karena developer bermasalah. Anda dapat mencari tahu kredibelitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

#2 Perhatikan Legalitas Apartemen

Apartemen berbeda dengan rumah tapak. Karenanya, Anda perlu mengetahui dan memeriksa Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Tanyakan hal tersebut kepada sales marketing apartemen maupun pihak developer dan pastikan tidak berada dalam keadaan sengketa ataupun dalam status sewa.

#3 Lokasi Apartemen

Hal ini sangatlah penting karena dapat menentukan kenyamanan dan keberhasilan investasi apartemen Anda. Pastikan apartemen berada di lokasi strategis, bebas banjir, akses mobilitas mudah dan serta fasilitasnya lengkap.

Pilih apartemen yang dapat menunjang aktivitas Anda sehari-hari seperti dekat dengan supermarket, transportasi umum maupun kantor polisi dan rumah sakit.

#4 Lingkungan Apartemen

Kenyaman dan keamanan adalah kebutuhan bagi masyarakat, lingkungan yang bersih dan aman pun perlu Anda perhatikan sebelum membeli sebuah apartemen. Penjagaan ketat dari pihak keamanan berupa CCTV 24 jam serta akses card bagi penghuni harus dipertimbangkan mengingat Anda akan tinggal di apartemen tersebut. Selain itu kebersihan harus diperhatikan pula, Anda tidak ingin bukan tinggal disebuah lingkungan kotor dan kumuh?

#5 Harga

Tidak perlu khawatir dengan harga apartemen yang mahal, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli apartemen seawal mungkin atau Anda dapat membeli apartemen pre-launch atau sebelum masa launching. Harga pre-launch akan lebih murah dibandingkan dengan harga ketika launching atau bahkan ketika apartemen sudah jadi.

#6 Perhatikan Biaya Lain

Sama dengan perumahan, tinggal di apartemen pun memiliki biaya terkait perawatan apartemen, berupa biaya kebersihan maupun keamanan. Tanyakan pada sales apartemen maupun developer mengenai biaya tambahan ini, lalu Anda akan tahu berapa budget yang akan dikeluarkan per bulannya.

Rumah tapak maupun apartemen memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika dilihat dari fungsinya pun dua hunian tersebut sama. Namun sebelum Anda berlaih untuk membeli apartemen, sebaiknya survei terlebih dahulu segala hal mengenai apartemen tersebut sehingga agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.


image whatsapp image phone