Mau Cepat Beli Apartemen? Ini Strategi Kumpulkan Uang DP dengan Cepat!

  • Artikel
Mau Cepat Beli Apartemen? Ini Strategi Kumpulkan Uang DP dengan Cepat!

Harga properti yang kian melambung menyebabkan banyak orang kesulitan untuk membeli hunian secara tunai (cash). Namun, mengingat hunian merupakan kebutuhan primer, alhasil banyak orang yang memanfaatkan fasilitas kredit dari bank berupa KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ataupun KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) untuk bisa memenuhi kebutuhannya.

Sistem kredit ini sejatinya bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki hunian. Namun, yang namanya kredit pasti ada uang muka alias DP (Down Payment) yang besarannya tergantung dari harga properti. Untuk apartemen sendiri, Bank Indonesia (BI) membolehkan DP 15% untuk KPA dari sebelumnya 20% - 30%.

Bayangkan, jika Anda ingin membeli apartemen seharga 900 juta, maka uang DP yang harus Anda siapkan adalah 20%nya atau sekitar 180 jutaan. Masih cukup besar bukan?

Lalu bagaimana uang sebesar itu (yang hanya berupa DP) bisa didapatkan? Karena itulah, Anda harus menyusun strategi agar uang DP dari apartemen impian Anda segera terkumpul.

Simak beberapa strategi yang telah Amethyst Tower rangkum untuk Anda.

#1 Tentukan Apartemen yang Anda Inginkan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan seperti apa apartemen yang ingin Anda huni dan dimana letaknya. Apakah Anda ingin tinggal di apartemen di pusat kota, pinggir kota, atau di daerah penyangga?

Faktor ini harus benar-benar Anda perhatikan karena  lokasi sangat berpengaruh pada harga properti. Biasanya, apartemen yang berada di pusat kota memiliki harga yang lebih mahal dibanding apartemen di daerah penyangga.

Selain itu, pastikan lokasi apartemen yang Anda pilih dapat mendukung segala kebutuhan, seperti akses jalan yang mudah, fasilitas publik memadai, lingkungan yang baik, serta faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan kenyamanan Anda.

#2 Tentukan Target

Setelah menentukan apartemen yang Anda inginkan, selanjutnya buatlah target kapan Anda harus membeli apartemen dan kapan uang untuk membayar DP harus terkumpul. Target ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan selama jangka waktu yang sudah Anda targetkan.

Saat membuat perhitungan, jangan lupa untuk memperkirakan kenaikan harga properti yang terjadi setiap tahun dengan memeriksa harganya di pasaran. Sebagai contoh, tahun ini DP apartemen yang Anda inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun Anda harus mengumpulkan Rp200 juta.

Meski sering meleset atau tidak sesuai, namun membuat target dapat membantu Anda untuk tetap berada pada jalur yang sesuai tujuan yaitu menabung untuk membeli apartemen.

#3 Hemat! Kurangi Belanja yang Tidak Penting

Demi mendapatkan cukup dana untuk membayar DP apartemen, Anda harus rela untuk memangkas pengeluaran. Prioritaskan kebutuhan pokok dan tabungan untuk mencapai nominal DP. Pemangkasan biaya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun juga harus dipertimbangkan dengan periode waktu sebelum akhirnya harus membayar DP apartemen.

Sebagai contoh, harga apartemen yang Anda inginkan adalah Rp 600 jutaan, maka DP yang harus disiapkan adalah  Rp200 jutaan. Nominal ini tentu bukan nominal yang kecil. Maka dari itu, Anda harus siap mengikat ‘sabuk pengeluaran’ Anda dengan kencang.

#4 Nabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

Menabung merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan dalam mengumpulkan uang DP apartemen. Kebiasaan menabung ini pun harus menggunakan strategi agar uang dapat terkumpul lebih cepat.

Caranya, sisihkan 10 hingga 20 persen gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk kebutuhan lain. Namun, jika ingin lebih cepat mengumpulkan uang DP, Anda bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30 persen.

Agar tabungan bisa lebih mudah diatur, buatlah rekening khusus tabungan DP apartemen yang berbeda dengan rekening yang biasa digunakan.

#5 Buat Autodebet

Jika Anda sudah mengetahui jumlah uang yang harus dikumpulkan, Anda juga bisa memperkirakan berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya. Nah, agar tabungan DP apartemen tak terpakai untuk kebutuhan lain, buatlah instruksi autodebet sejumlah uang ke rekening lain ketika tanggal gajian tiba.

#6 Berinvestasi

Seperti yang kita tau bahwa harga properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun, kenaikan ini tak sebanding dengan naiknya tingkat pendapatan. Karena itulah, Anda harus mencari cara lain agar tabungan DP apartemen Anda bisa cepat terkumpul.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menginvestasikan tabungan dalam bentuk deposito atau membeli logam mulia seperti emas. Kedua investasi ini akan memberikan timbal balik yang cukup besar dalam bentuk bunga dan selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang. Dengan begini, nilai uang Anda akan lebih aman dan tidak akan terlalu sulit dalam mengumpulkan uang DP rumah.

#7 Turunkan Standar

Sesuaikan harga apartemen yang diinginkan dengan kemampuan dan kondisi finansial Anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli apartemen dengan harga miliaran jika dana yang dimiliki terbatas.

Anda masih bisa membeli apartemen dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Seperti Amethyst Tower Kemayoran yang berada di kawasan H Residence Kemayoran. Apartemen besutan developer HK Realtindo ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Untuk memiliki sebuah unit studio, Anda hanya perlu menyiapkan dana 450 jutaan, yang artinya uang DP yang harus disiapkan pun jadi lebih ringan.

Meski begitu, apartemen murah di Jakarta ini berada di lokasi yang sangat strategis lho. Dan lokasi memang menjadi keunggulan utama dari Amethyst Tower. Tak hanya itu, akses mudah ke tol dalam kota dan tol bandara serta hanya selangkah menuju JIEXPO Kemayoran dan Central Business District Sudirman-Thamrin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang mencari hunian dekat kawasan perkantoran.

Itulah beberapa tips sukses cepat mengumpulkan uang DP Apartemen. Tidak terlalu sulit bukan? Yang terpenting adalah bersabar dan tetap fokus pada target sampai target tersebut tercapai. Selamat mencoba!


Related Articles

Category

image whatsapp image phone