7 Rahasia Punya Hunian Sebelum Menikah

  • Artikel
7 Rahasia Punya Hunian Sebelum Menikah

 

Punya hunian sebelum menikah, kenapa tidak?


Memiliki hunian sebelum menikah baik itu rumah tapak (landed) atau apartemen merupakan impian semua orang. Tapi nyatanya, impian tersebut tak bisa diwujudkan dengan mudah. Harga hunian yang tergolong mahal menjadi faktor utama mengapa orang menunda untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokok ini.

Lalu, apakah punya hunian sebelum menikah adalah hal yang mustahil?

Tentu tidak! Banyak cara yang bisa Anda lakukan. Amethyst Tower sudah merangkum beberapa rahasia memiliki hunian sebelum menikah berikut ini.

#1 Prioritaskan Dana untuk Membeli Hunian

Mulailah untuk menempatkan hunian sebagai prioritas utama. Coba sisihkan sepertiga gaji untuk ditabungkan dan buat tabungan khusus agar tidak bercampur dengan dana kebutuhan lainnya.

Yang terpenting adalah konsistensi. Jika Anda hanya konsisten selama 2-3 bulan pertama, impian untuk memiliki hunian sebelum menikah akan semakin sulit untuk dicapai.

#2 Hunian Baru atau Second?

Jika Anda mau membeli rumah, pikirkan juga apakah Anda akan membangun sendiri, membeli jadi, atau beli rumah second (bekas)? Kalau ingin membeli apartemen, apakah Anda akan membeli baru dari developernya atau membeli bekas dari pemilik lama?

Hal ini harus ditentukan sejak awal sebab setiap pilihan memiliki dampak yang berbeda. Misalnya, hunian second harganya akan lebih murah namun akan membutuhkan biaya lebih untuk renovasi.

#3 Lakukan Survey

Jangan malas untuk melakukan survey lokasi dan harga hunian yang diincar. Karena lokasi properti sangat berpengaruh terhadap harga. Biasanya, semakin strategis lokasi sebuah hunian maka semakin mahal pula harganya.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada sebuah apartemen di bilangan Jakarta Pusat yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau? Ya, apartemen besutan HK Realtindo, Amethyst Tower Kemayoran adalah apartemen termurah di Jakarta yang bisa dimiliki hanya dengan Rp 450 jutaan.

#4 Estimasikan Harga

Sebelum membeli hunian, perhitungkan dulu kemampuan finansial yang Anda miliki. Mengingat harga properti selalu mengalami kenaikan 15-20% setiap tahunnya, Anda pun harus menyiapkan dana lebih besar agar pembelian rumah tidak ‘ngaret’.

#5 Pertimbangkan Sistem Kredit

Jika tidak memungkinkan untuk membelinya secara tunai, gunakan sistem kredit (KPA/KPR) yang disediakan oleh bank. (Baca: Takut Ditolak Saat Mengajukan KPA? Gunakan Tips Jitu Ini!)

#6 Menabung Sejak Dini

Terkadang, hal yang membuat seseorang enggan untuk segera membeli hunian adalah uang muka atau DP yang dianggap terlalu tinggi. Maka dari itu, mulailah untuk menabung DP sejak dini agar Anda bisa memiliki hunian sebelum menikah. (Baca: Mau Cepat Beli Apartemen? Ini Strategi Kumpulkan Uang DP dengan Cepat!)

#7 Hentikan Kebiasaan Konsumtif

Konsumtif menjadi salah satu sifat buruk yang dimiliki masyarakat, khususnya generasi milenial. Agar bisa membeli hunian sebelum menikah, kurangi kebiasaan ini dengan memfokuskan dana untuk membeli hunian.

Tinggal di hunian idaman bersama orang terkasih adalah impian semua orang. Namun, mewujudkannya tentu bukan perkara mudah. Berusaha untuk memiliki hunian sejak dini adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan. Yuk bijak mengatur keuangan!


Related Articles

Category

image whatsapp image phone